INFO PENTING
Home / Widya Iswara / Legiman, M.Pd

Legiman, M.Pd

Artikel dan Karya Ilmiah Legiman, M.Pd

Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah/ Problem Based Learning (PBL) pada Pendidikan dan Pelatihan

Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah/ Problem Based Learning (PBL) pada Pendidikan dan Pelatihan Oleh : Legiman, M.Pd Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta email : [email protected] Abstrak Pendidikan dan Pelatihan (diklat) merupakan kegiatan pembelajaran pada orang dewasa, yang terjadi interaksi antara peserta diklat dengan pendidik. Dalam pendidikan dan pelatihan (diklat) yang dimaksud peserta didik adalah peserta diklat dan pendidik yaitu widyaiswara. Agar ... Read More »

Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) Oleh: LEGIMAN, M.Pd Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta email : [email protected] Abstrak Guru wajib melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesional berkelanjutan (PKB). Salah satu kegiatan PKB guru adalah melaksanakan penelitian. Penelitian yang sesuai dan dapat dirasakan langsung manfaatnya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan melaksanakan PTK diharapkan permasalahan dalam pembelajaran dapat diselesaikan. PTK adalah suatu bentuk penelitian tindakan yang ... Read More »

Pengembangan Profesionalisme Widyaiswara

Oleh : Legiman Email : [email protected] Abstrak Widyaiswara adalah Pegawai Negeri Sipil yang diangkat sebagai pejabat fungsional oleh pejabat yang berwenang dengan tugas, tanggung jawab, wewengan untuk mendidik, mengajar dan/atau melatih Pegawai Negeri Sipil pada Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) pemerintah. Profesional adalah suatu profesi yang memerlukan kemampuan dan keahlian khusus. Profesi menunjuk suatu pekerjaan atau jabatan yang menuntut keahlian, ... Read More »

Strategi Pemanfaatan Laboratorium IPA di Sekolah

STRATEGI PEMANFAATAN LABORATORIUM IPA DI SEKOLAH Oleh: LegimanWidyaiswara Muda LPMP D.I. Yogyakartae-mail: [email protected] ABSTRAK :  Laboratorium merupakan salah satu sarana prasarana yang yang disiapkan untuk membantu peningkatan mutu pembelajaran.  Pemanfaatan laboratorium dapat meningkatkan  mutu pembelajaran. Laboratorium dapat pula digunakan oleh berbagai pihak untuk melakukan penelitian maupun praktikum untuk pembuktian pengetahuan yang telah dimiliki. Laboratorium perlu dilengkapi dengan alat dan  bahan ... Read More »

Keselamatan Kerja Laboratorium

Oleh : Legiman, S.Pd., M.Pd.Widyaiswara Muda LPMP DIYEmail: [email protected] Abstrak: Kegiatan praktikum di laboratorium merupakan kegiatan yang penuh resiko dan berbahaya, sehingga dalam bekerja di laboratorium wajib melaksanakan segala hal yang berkaitan dengan keselamatan kerja laboratorium. Sebelum melakukan kegiatan praktikum di laboratorium, kita harus mengenali semua keadaan berbahaya, kemudian mengambil tindakan untuk keselamatan kerja yang berkaitan dengannya. Pekerjaan merancang praktikum ... Read More »

Metode Inkuiri Dalam Pendidikan Dan Pelatihan (DIKLAT)

Oleh : Legiman, S.Pd., M.Pd. Widyaiswara Muda LPMP DIY Email: [email protected]   Abstrak Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik. Dalam pendidikan dan pelatihan (diklat) yang dimaksud peserta didik adalah peserta diklat dan pendidik yaitu widyaiswara. Agar materi diklat yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta diklat diperluka strategi dan metode pembelajaran yang tepat, sehingga seorang widyaiswara harus ... Read More »

Pembelajaran Orang Dewasa

  PEMBELAJARAN ORANG DEWASA Oleh: Legiman, S.Pd., M.Pd. Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta Email: [email protected] ABSTRAK. Belajar adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar oleh seseorang yang menghasilkan perubahan tingkah laku pada dirinya sendiri, baik dalam bentuk keterampilan, pengetahuan, maupun sikap. Pendidikan untuk anak-anak dan orang dewasa yang dilaksanakan pada saat ini terjadi dari berbagai situasi dan melalui berbagai kegiatan. Pendidikan seharusnya ... Read More »

Pengembangan Profesionalisme Guru

PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PASCA PERMENEGPAN & RB NOMOR 16 TAHUN 2009Penulis :  Legiman, S.Pd, M.Pd.Widyaiswara Muda LPMP D.I. YogyakartaEmail: [email protected]   Abstrak: Guru merupakan pendidik profesional yang mempunyai tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru mempunyai peran dan tanggung jawab yang yang tinggi terhadap mutu pendidikan. Untuk mendukung peran dan fungsi guru, pemerintah melalui Kementerian ... Read More »

Pendekatan dan Model Pembelajaran Kimia

PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN KIMIAOleh: LegimanWidyaiswara Muda LPMP D.I. Yogyakartae-mail: [email protected] Abstrak:Guru mempunyai peranan yang penting dalam proses pembelajaran dan pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Banyak guru kimia yang menguasai materi kimia secara ekspert (ahli di bidangnya), namun masih banyak yang belum bisa bagaimana menyampaikan (mengajarkan) materi tersebut kepada siswa secara efektif dan efesien, akibatnya pembelajaran kurang bermakna bagi ... Read More »

Media Pembelajaran dan Manfaatnya

MEDIA PEMBELAJARAN DAN MANFAATNYAOleh: LegimanWidyaiswara Muda LPMP D.I. Yogyakartae-mail: [email protected] Abstrak:Media pembelajaran pada dasarnya merupakan proses komunikasi. Dalam proses pembelajaran, komunikasi akan terjadi antara guru dan siswa. Peran media dalam komunikasi pembelajaran di sekolah sangat penting karena dengan media pembelajaran siswa dapat dengan mudah menerima pesan sesuai dengan apa yang disampaikan oleh guru. Dengan menggunakan media, siswa dapat  memungkinkan belajar ... Read More »

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates