Info Penting
Home / Berita / PERPUSTAKAAN KELILING: Sebuah Kegiatan bersambut tawa dan keceriaan Siswa-Siswa Sekolah

PERPUSTAKAAN KELILING: Sebuah Kegiatan bersambut tawa dan keceriaan Siswa-Siswa Sekolah

pusling Sejak tahun 2008 LPMP D.I.Yogyakarta meluncurkan program Literasi Pendidikan melalui kegiatan Perpustakaan Keliling atau yang biasa disingkat dengan sebutan ‘Pusling”. Kegiatan ini berupa Fasilitasi mobile perpustakaan ke sekolah-sekolah yang mendaftarkan diri sebagai sekolah sasaran, Pada awal pelaksanaan, kegiatan Pusling ditujukan bagi sekolah-sekolah di daerah-daerah terpencil/jauh dan masih memiliki keterbatasan dalam hal fasilitas perpustakaan khususnya bahan bacaan.. Namun seiring dengan kemanfaatan dan banyaknya permintaan, Program Pusling diberikan kepada semua sekolah yang mendaftarkan diri sebagai sekolah sasaran Pusling.

Kriteria sekolah sasaran kegiatan Pusling adalah sekolah dasar (SD) dengan fasilitas perpustakaan, khususnya bahan bacaan yang masih belum memadai. Wilayah sekolah sasaran kegiatan ini diutamakan untuk wilayah Kabupaten Sleman, Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul.

Pusling LPMP D.I.Yogyakarta memiliki keunggulan pada jumlah dan jenis koleksi bacaan yang selalu up to date karena selalu dilakukan pengadaan buku rutin di setiap tahunnya. Tak heran peluncurannya selalu dinantikan dan disambut gembira oleh siswa-siswa di sekolah sasaran di setiap tahunnya.

pusling-lpmp

Teknis pelaksanaan Pusling, setiap sekolah sasaran akan mendapatkan kunjungan sebanyak 10 kali dengan frekuensi kunjungan setiap 2 minggu sekali. Setiap kali kunjungan masing-masing sekolah sasaran akan mendapatkan pinjaman paket buku sebanyak 130 eksemplar.

Untuk pelaksanaan Pusling Tahun 2018 ini, telah terseleksi sebanyak 35 sekolah sasaran yaitu 13 sekolah dasar di wilayah Kabupaten Sleman, 2 sekolah dasar di wilayah Kabupaten Bantul, 12 sekolah dasar di Kabupaten Kulon Progo dan 8 sekolah dasar di Kabupaten Gunung Kidul. Daftar sekolah sasaran dapat dilihat pada tautan berikut:

Download

Artikel Lain

Evaluasi Sekolah Model: Sebuah Upaya Untuk Perbaikan Program Sekolah Model 2018

Post Views: 1,274 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu …