Info Penting
Home / Berita / Kunjungan Kerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Lpmp D.I. Yogyakarta

Kunjungan Kerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Lpmp D.I. Yogyakarta

foto bersama pak menteri-2LPMP D.I. Yogyakarta pada hari Senin, 1 Juni 2015 menerima kunjungan kerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, Ph.D. Dalam sambutannya, Beliau menekankan pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak, sehingga sekolah-sekolah perlu didorong untuk berpartner dengan orang tua karena pengawas terdekat paling melekat adalah orang tua. Disamping itu Bapak Menteri juga menyampaikan 3 poin penting yang harus dilakukan yaitu:
1. Penguatan pelaku pendidikan
Pelaku pendidikan dalam hal ini adalah orang tua, guru, kepala sekolah, pengawas, dan pihak terkait lainnya. Penguatan yang dilakukan terutama dari sisi peran. Orang tua harus mempunyai posisi tawar dengan sekolah, karena orang tua memegang peran utama dalam pendidikan, sekolah dan guru merupakan peran pendamping. Meskipun demikian, guru harus mengajar dari hati, guru diharapkan tidak hanya mengajar tapi juga mendidik, menginspirasi, dan menggerakkan. Guru yang inspiratif akan selalu diingat oleh anak didiknya.
2. Peningkatan mutu dan akses
Untuk daerah yang mutu dan aksesnya sudah baik, tantangannya adalah meninggikan standar sehingga mutu akan meningkat.
3. Efektivitas birokrasi pendidikan dan pelibatan publik
Birokrasi dalam hal ini berkaitan dengan sumber daya dan pengelolaannya. Alokasi anggaran yang besar untuk pendidikan harus dilihat manfaat dan efektivitasnya. Setiap program yang dilaksanakan harus melibatkan publik sehingga program-program yang sebelumnya hanya sebagai penyedia solusi nantinya dapat menjadi penyedia platform untuk keterlibatan publik.

Dalam kesempatan itu Bapak Menteri juga memberi kesempatan tanya jawab bagi pegawai LPMP. Kunjungan kerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di LPMP D.I. Yogyakarta diakhiri dengan foto bersama.

Artikel Lain

Kunjungan Kerja Spesifik Bidang Pendidikan Komisi X DPR RI ke LPMP D.I.Yogyakarta dalam Rangka Peluncuran Kurikulum Berbasis Budaya

Post Views: 426 Komisi X DPR RI yang diketuai oleh Dr. Ir.Djoko Ujianto, melakukan kunjungan …