Banner

Pembelajaran berbasis TIK dengan Classroom E-learning

PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

DENGAN MENGGUNAKAN CLASSROOM E-LEARNING

 


Oleh :

Wendhie Prayitno

Widyaiswara LPMP D.I.Yogyakarta

 


Abstrak

Classroom e-learning merupakan konsep pembelajaran yang dilaksanakan pada ruang kelas berbasis teknologi informasi dengan menggunakan kombinasi perangkat keras dan lunak yang terintegrasi melalui Komputer yang terkoneksi dalam jaringan Komputer yang berfokus pada interaksi yang berorientasi pada pembelajaran dan difasilitasi dengan intruksi-intruksi secara langsung, real-time dan biasanya terjadwal. Classroom e-learning berbeda dengan pembelajaran biasa yang dilakukan secara konvensiona. Yang menjadi keunggulan pada classroom e-learning yaitu dimana semua aktivitas pembelajarannya sama dengan pembelajaran konvensional tetapi semua dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi kopmuter yang saling terhubung.

Classroom e-learning dapat dilaksanakan dengan berbagai macam metode tetapi tetap dilaksanakan dalam jaringan Komputer seperti melakukan diskusi, presentasi guru dan siswa, menyajikan video pembelajaran bahkan ujian secara online.

Kata kunci : Classroom e-learning, pembelajaran berbasis multimedia


I. PENDAHULUAN

Bagi negara-negara maju, pendidikan berbasis TIK bukan hal yang baru lagi. Mereka telah terlebih dulu dan lebih maju dalam menerapkan berbagai teknik dan model pendidikan berbasis TIK. Indonesia masih tergolong baru dalam menerapkan sistem ini. Sebagai pemula tentu kita punya kesempatan berharga untuk belajar banyak atas keberhasilan dan kegagalan mereka sehingga penerapan pendidikan berbasis TIK di Indonesia menjadi lebih terarah. Sebagai pemula, Pemerintah Indonesia sudah termasuk cepat dalam menanggapi kebutuhan dunia pendidikan terhadap perkembangan TIK. Sebagai contoh, pada pendidikan tinggi (kampus), ketersediaan internet kini semakin meluas, mulai tersedia teknologi video conference, yang semuanya itu memberikan penguatan pada proses belajar mengajar dikampus. Demikian juga pada pendidikan dasar, menengah dan kejuruan, Pemerintah telah membangun situs pembelajaran e-dukasi.net, penyediaan jardiknas merupakan wujud nyata langkah pemerintah dalam membangun e-education pada dunia pendidikan di tanah air. Bahkan saat ini hamper setiap pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten/kota berlomba-lomba mengembangkan situs-situs layanan pendidikan khususnya penyediaan materi-materi pembelajaran.

Saat ini teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai sarana komputasi dan pengolahan kata (word processor) tetapi juga sebagai sarana belajar multimedia yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh peserta diklat. Sajian multimedia berbasis komputer dapat diartikan sebagai teknologi yang mengoptimalkan peran komputer sebagai sarana untuk menampilkan dan merekayasa teks, grafik, dan suara dalam sebuah tampilan yang terintegrasi. Dengan tampilan yang dapat mengkombinasikan berbagai unsur penyampaian informasi dan pesan, komputer dapat dirancang dan digunakan sebagai media teknologi yang efektif untuk mempelajari dan mengajarkan materi perkuliahan yang relevan misalnya rancangan grafis dan animasi.

Perkembangan teknologi dan informasi yang dimanfaatkan bagi dunia pendidikan bahkan tidak sekedar sebagai sumber belajar bagi pembelajaran, bahkan digunakan untuk melakukan aktivitas evaluasi-evaluasi dalam pembelajaran baik evaluasi yang sifatnya sebagai latihan-latihan soal maupun yang sifatnya sebagai evaluasi resmi (ujian).

Saat ini, mulai banyak yang tertarik untuk mengimplementasikan konsep Virtual Classroom (VC). VC merupakan sebuah konsep yang kontradiktif dibanding dengan proses pembelajaran secara konvensional, yaitu mengeliminasi keberadaan kelas secara fisik (Donath, 2008).

VC sebagai sebuah proses yang bersifat synchronous, membutuhkan sekumpulan resource

yang berbeda dibandingkan dengan konsep eLearning yang terdahulu (Braman, 2008).

Saat ini pembelajaran melalui Virtual Class sudah mampu memfasilitasi pembelajaran klasikal dengan seluruh aktifitas pembelajarannya dilakukan di dalam satu ruang pembelajaran dengan menggunakan teknologi Komputer berbasis jaringan komputer, multimedia dan sebaginya yang disebut dengan Classroom E-learning. Dengan menggunakan teknologi classroom e-learning semua aktivitas pembelajaran dilakukan dalam satu ruang khusus dengan menggunakan teknologi aplikasi classroom e-learning pada Komputer yang saling terkoneksi antar siswa dan guru.


II. CLASSROOM E-LEARNING DENGAN MYTHWARE

Classroom e-learning merupakan konsep pembelajaran yang dilaksanakan pada ruang kelas berbasis teknologi informasi dengan menggunakan kombinasi perangkat keras dan lunak yang terintegrasi melalui Komputer yang terkoneksi dalam jaringan computer (Intel, 2011).

Dengan menggunakan Komputer yang terintegrasi antar satu Komputer dengan Komputer lain baik guru maupun siswa, semua aktivitas guru siswa dilakukan di dalam jaringan Komputer yang terkoneksi secara perangkat keras melalui aplikasi classroom e-learning.

Melalui classroom e-learning siswa mampu bekerja dengan Komputer/laptop siswa sendiri dan bahkan berbagi desktop mereka, ketika diberikan hak oleh guru. Teknologi komunikasi lain yang tersedia dalam kelas virtual termasuk catatan teks, hak mikrofon, dan sesi breakout. Sesi breakout memungkinkan peserta untuk bekerja sama dalam kelompok kecil pengaturan untuk menyelesaikan tugas serta memungkinkan guru untuk melakukan percakapan pribadi dengan murid-muridnya.

Classroom e-learning juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk menerima instruksi langsung dari seorang guru yang berkualitas di lingkungan yang interaktif. Siswa memiliki akses langsung dan segera kepada instruktur mereka untuk umpan balik dan arah instan. Classroom e-learning juga menyediakan jadwal terstruktur kelas, yang dapat membantu bagi siswa yang dapat menemukan kebebasan belajar yang biasa menjadi luar biasa.

Aplikasi classroom e-learning yang sudah terinstal dan terkoneksi antar guru dan siswa dapt digunakan untuk berinteraksi antar guru dengan siswa atau siswa dengan siswa. Dalam pembelajaran melalui classroom e-learning berbagai aktivitas guru dan siswa yang biasanya dilakukan secara konvensional di dalam kelas dapat dilakukan melalui media aplikasi classroom e-learning seperti melakukan presentasi terhadap materi pelajaran yang disampaikan kepada siswa baik berupa file presentasi maupun media pembelajaran berbasis multimedia seperti video atau audio pembelajaran , berkomunikasi tanya jawab, diskusi antar kelompok atau individu siswa, kuis atau tes secara online dan sebagainya. Bahkan guru dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang tersedia terkait dengan hasil tes atau ujian secara online seperti analisis butir soal, analisis hasil tes secara keseluruhan dan lain sebagainya (Jeffery R. Galinovsky, 2011). Selain itu juga, guru dapat mengendalikan perangkat Komputer siswa dari jauh melalui komputer guru agar siswa tetap bekerja sesuai aktivitas pembelajarannya.

Gambar 1. Skema infrastruktur Classroom E-learning

Salah satu aplikasi Komputer yang digunakan untuk pembelajaran classroom e-learning yaitu Intel Learning Series Classroom Management yang dikembangkan oleh Mythware.

Gambar 2. Skema Pembelajaran dengan Classroom E-learning



Secara umum aplikasi Intel Learning Series Classroom Management memiliki kemampuan dan failitas yang handal untuk digunakan pembelajaran berbasis classroom e-learning. Pada aplikasi Intel Learning Series Classroom Management ini memiliki fasilitas-fasilitas seperti Presentasi melalui Screen Broadcast atau menampilkan tampilan layar komputer guru yang kemudian ditampilkan secara bersama kepada beberapa Komputer/laptop siswa yang terkoneksi dalam jaringan classroom e-learning kemudian ada juga fasilitas Demontrasi siswa yang digunakan untuk memfasilitasi siswa dalam menyampaikan paparan presentasinya kepada seluruh siswa melalui jaringan classroom e-learning. Selain itu juga tersedia fasilitas untuk menayangkan video dari Komputer guru untuk di-share kepada seluruh siswa yang terkoneksi dalam classroom e-learning. Sealin itu juga dengan program aplikasi Intel Learning Series Classroom Management juga tersedia fasilitas untuk pembelajaran face-to-face atau pembelajaran dengan tatap muka langsung melalui video conference. Pada aplikasi ini tersedia fasilitas kamera yang mana dapat dilihat oleh semua siswa melalui jaringan classroom e-learning.

Pada aplikasi Intel Learning Series Classroom Management juga memiliki fasilitas GROUP dimana fasilitas ini digunakan untuk aktivitas siswa dalam kelompok atau grup tertentu seperti melakukan diskusi antar siswa dan diskusi kelompok siswa dengan guru baik melalui fasilitas Chat ataupun Audio.

Dengan menggunakan aplikasi Intel Learning Series Classroom Management guru dapat membuat soal dan melakukan tes atau kuis. Soal yang dibuat oleh seorang guru akan disampaikan kepada siswa melalui classroom e-learning. Sistem tes atau kuis ini merupakan sistem tes secara online dalam jaringan classroom e-learning. Selain dapat digunakan untuk membuat soal dan melaksanakan tes secara online, juga dapat digunakan untuk melakukan analisis butir soal dan hasil belajar siswa.

Aplikasi Intel Learning Series Classroom Management juga memiliki fasilitas untuk melakukan pengendalian terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan classroom e-learning sehingga aktivitas pembelajaran siswa diharapkan sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah direncanakan oleh guru. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merekan semua aktivitas yang terlihat pada layar guru kedalam bentuk format video, sehingga sewaktu-waktu dapat dilihat kembali aktivitas yang pernah dilakukan.


III. PEMANFAATAN APLIKASI CLASSROOM E-LEARNING

Aplikasi Classroom E-learning meruapakan aplikasi Komputer yang dikembangkan untuk pengeloalaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak yang Komputer dimana semua aktivitas guru dan siswa dilakukan dalam suatu ruang teknologi yaitu di dalam Komputer yang terkoneksi dalam jaringan Komputer yang saling terhubung antara satu dengan yang lain baik guru maupun siswa. Pembelajaran dengan menggunakan aplikasi classroom e-learning dapat dilaksanakan di dalam ruang kelas (face to face) ataupun di luar ruangan terpisah. Dalam pembelajaran dengan classroom e-learning aktivitas seperti presentasi guru materi pelajaran, presentasi kerja siswa, diskusi, penayangan video secara bersama, tes online dan sebagainya dapat dilakukan.

Salah satu aplikasi classroom e-learning yaitu Aplikasi Intel Learning Series Classroom Management. Aplikasi ini dikembangkan oleh Mythware bekerjasama dengan Intel Coorporation. Aplikasi ini dikembangkan khusus untuk pembelajaran melalui classroom e-learning. Fitur-fitur yang tersedia di dalam aplikasi ini seperti Screen Broadcast, Student Demontration, Net Movie, Camera, Remote Monitor and Control, Group Chat, Group Teaching, Quiz Maker, Start Quiz, Quiz Grader, Instant Quiz, Screen Record dan File Distribution.

Gambar 3. Tampilan Aplikasi Classroom E-learning

Pada tampilan utama Intel Series Classroom Management by Mythware ditampilkan jendela untuk menampilkan informasi seluruh siswa yang tergabung dalam kelas yang sedang aktif. Selain itu, pada tampilan utama tersedia Menu Utama yang seluruhnya dapat diakses guru sesuai dengan fungsi-fungsinya, dan juga tersedia fasilitas chat-room baik berbasis teks maupun audio.

Gambar 4. Student Registration dalam Classroom E-learning

Intel Series Classroom Management by Mythware juga memfasilitsi guru dalam hal presensi kehadiran siswa dengan memberikan fitur Student Register. Setiap siswa yang sudah bergabung dalam classroom e-learning yang diselenggarakan oleh guru, guru dapat meminta siswa untuk melakukan regitrasi secara online melalui sistem classroom e-learning secara langsung. Melalui permintaan registrasi guru kepada siswa, guru akan mendapatkan data siswa berupa nama siswa, kelas siswa, kode identitas dan waktu melakukan registrasi.

Gambar 5. Menu Screen Broadcast

Pada Intel Series Classroom Management disediakan fasilitas untuk melalukan Screen Broadcast, yaitu berfungsi untuk menampilkan layar yang tertampil pada Komputer atau laptop guru ke Komputer/laptop siswa, misalnya tampilan presentasi guru dan lain sebagainya. Dengan menggunakan fitur Screen Broadcast, guru tidak memerlukan LCD proyektor untuk menampilkan presentasinya. Hal ini juga sebaliknya untuk siswa dapat mempresentasikan hasil kerja siswa dengan melalui fasilitas Student Demontration.

Aplikasi Intel Series Classroom Management memberikan fasilitas bagi guru untuk melakukan sharing video dengan melakukan Broadcast video secara otomatis kepada komputer siswa melalui fitur Net Movie, sehingga dengan sekali memutar video maka akan langsung dapat disaksikan oleh seluruh siswa melalui komputer/laptop yang terhubung dalam classroom e-learning.

Gambar 6. Fitur Net Video dalam Aplikasi Classroom E-learning


Pada aplikasi Intel Series Classroom Management juga memfasilitasi fitur camera, dimana pada fitur ini berfungsi untuk melakukan tatap muka guru terhadap siswa yang tergabung dalam classroom e-learning, sehingga siswa bisa melihat gurunya secara langsung melalui Komputer/laptopnya.

Gambar 7. Tampilan Fitur Camera dalam Aplikasi Classroom E-learning


Selain fasilitas yang telah disebutkan di atas, aplikasi Intel Series Classroom Management juga menyediakan fasilitas untuk melakukan pengontrolan terhadap aktivitas siswa dengan memonitor layar tiap-tiap siswa, sehingga guru tahu akan aktivitas yang dilakukan setiap siswa. Hal ini berguna untuk mengendalikan aktivitas siswa jika terjadi aktivitas-aktivitas siswa yang tidak sesuai dengan proses pembelajaran yang diharapkan. Dengan demikian guru dapat mengendailakan siswa untuk tetap fokus pada proses pembelajaran yang berlangsusng. Bahkan guru menghentikan aktivitas siswa yang sedang dilakukan jika tidak sesuai dengan proses pembelajaran yang berlangsung serta guru dapat mematikan secara total seluruh aplikasi atau komputer siswa.

Gambar 8. Tampilan Remote Monitor dan Control

Dalam pembelajaran yang dilaksanakan untuk melakukan pengukuran pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang telah disampaikan ataupun dibahas bersama, guru dapat melakukan evaluasi pembelajaran dengan melakukan tes atau kuis melalui aplikasi Intel Series Classroom Management.

Pada aplikasi Intel Series Classroom Management disediakan fitur untuk mengembangkan soal-soal tes atau kuis baik terencana maupun secara instan dan menentukan skor dari tiap-tiap soal. Selain itu juga tersedia fitur untuk melakukan tes atau kuis secara online bersama dalam classroom e-learning. Selanjutnya dari hasil tes yang dilakukan siswa dapat langsung diketahui hasil atau nilai atau skornya. Selain itu, dengan aplikasi Intel Series Classroom Management guru dapat melakukan analisis butir soal dan analisis terhadap hasil evaluasi pembelajaran.

Gambar 9. Tampilan Pengembangan Soal Kuis

 


IV. PENUTUP

Classroom e-learning merupakan salah satu metode pembelajaran berbasis teknologi yang dapat diimplementasikan dengan memadukan keunggulan interaksi langsung dan pemanfaataan teknologi virtual. Classroom e-learning dapat berjalan dengan baik jika interaksi dan kolaborasi di antara pihak yang terlibat (yaitu pengajar maupun pembelajar) berjalan secara terkendali dan dinamis.

Pada umumnya aplikasi classroom e-learning menawarkan beragam teknik, fitur dan tool yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan interaksi dan kolaborasi selama proses pembelajaran berlangsung.

 


DAFTAR PUSTAKA

1. Braman, James. (2008). Towards a Virtual Classroom: Investigating Education in Synthetic Worlds. Diakses dari http://jolt.merlot.org/documents/hilbelink.pdf.

2. Clark, Ruth. (2008). Leveraging the VirtualClassroom For Effective Learning. Diakses dari http://www.trainingconference.com/learninggroup/upload/handout/speaker-handout-328072.pdf.

3. Intel Corp (2011). Intel Learning Series Software Suites Classroom Management Overview. Diakses dari : http://www.intel.com/content/dam/www/public/us/en/documents/product-briefs/learning-series-classroom-mgmt-app-brief.pdf

4. Jeffery R. Galinovsky (2011). Intel Learning Series Software Training Classroom Management by Mythware. Diakses dari : http://www.daktech.com/files/public/pdfs/Learn%20More%20documents/Intel%20Learning%20Series%20Mythware.pdf

5. Wikipedia (2013). Virtual Classroom E-learning. Diakses dari : http://en.wikipedia.org/wiki/E-learning#Virtual_classroom