Info Penting
Home / Berita / Gerakan Literasi Sekolah melalui Program Perpustakaan Keliling LPMP D.I. Yogyakarta Tahun 2018

Gerakan Literasi Sekolah melalui Program Perpustakaan Keliling LPMP D.I. Yogyakarta Tahun 2018

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan Gerakan Literasi Sekolah pada tahun 2015. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik dengan melibatkan seluruh warga sekolah (guru, peserta didik, orang tua/wali murid) dan masyarakat, sebagai bagian dari ekosistem pendidikan. Gerakan Literasi Sekolah diluncurkan guna memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti yang sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan di dalam Gerakan Literasi Sekolah adalah “Kegiatan 15 menit membaca buku non pelajaran sebelum waktu belajar dimulai”.

LPMP DIY sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan turut memiliki peran bagi keberhasilan Gerakan Literasi Sekolah. Salah satu upaya yang ditempuh LPMP DIY untuk mendukung gerakan ini yaitu dengan penyediaan bahan bacaan melalui kegiatan perpustakaan keliling. Kegiatan perpustakaan keliling bertujuan untuk membantu memberikan layanan bahan bacaan kepada masyarakat sekolah, khususnya sekolah terpencil/jauh yang masih memiliki keterbatasan dalam hal fasilitas perpustakaan khususnya bahan bacaan. Selain itu, kegiatan perpustakaan keliling juga bertujuan untuk turut mendukung dilaksanakannya Gerakan Literasi Sekolah melalui kegiatan-kegiatan literasi yang dilaksanakan LPMP D.I. Yogyakarta dalam setiap kunjungan perpustakaan keliling.

Program perpustakaan keliling LPMP DIY menyiapkan beraneka ragam buku bacaan untuk anak-anak sekolah dasar baik fiksi maupun non fiksi. Kunjungan ke sekolah sasaran perpustakan keliling direncanakan akan dilakukan setiap dua minggu sekali selama lima (5) bulan dengan 100 koleksi buku yang berbeda setiap kunjungan. Dengan beragamnya koleksi buku, diharapkan dapat meningkatkan minat baca peserta didik di sekolah sasaran.

Bagi sekolah dasar (SD) di Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Gunungkidul yang tertarik mejadi sekolah sasaran program perpustakaan keliling LPMP DIY bisa mendaftar dan mengisi form pendaftaran melalui alamat email [email protected] selambat-lambatnya tanggal 16 Maret 2018. Adapun surat pemberitahuan resmi ke Dinas pendidikan Kabupaten dan form pendaftaran dapat diunduh pada tautan berikut.

Artikel Lain

Bimtek Dapodikdasmen Tahap I Tahun 2018

Post Views: 938 Data adalah hal yang sangat penting karena data yang akurat merupakan dasar …