INFO PENTING
Home / Artikel / Analisis Kebutuhan Diklat Guru Sekolah Dasar dalam Literasi Teknologi Informasi Komunikasi

Analisis Kebutuhan Diklat Guru Sekolah Dasar dalam Literasi Teknologi Informasi Komunikasi

Analisis Kebutuhan Diklat Guru Sekolah Dasar dalam Literasi Teknologi Informasi Komunikasi

Oleh :
Harli Trisdiono, SE. M.M
Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta
email : [email protected]

DSC_9302-3

Abstrak

Pelaksanaan tugas guru dalam memfasilitasi siswa menguasai kompetensi tertentu dan mengembangkan profesionalismenya tidak dapat dilepaskan dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat literasi guru sekolah dasar pada bidang teknologi informasi. Penelitian dimaksudkan untuk mengetahui pemanfaatan TIK dalam pembelajaran dan pengembangan keprofesian. Subjek penelitian adalah guru sekolah dasar di Gugus I Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi terhadap hasil kerja guru dalam membuat dokumen dan proses pembuatan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi guru masih cukup, sehingga perlu dilakukan pendidikan dan pelatihan TIK khususnya pada materi pengolah kata.

Kata Kunci : TIK, pengolah kata, literasi

Klik tautan ini untuk mendownload artikel lengkapnya.

Tingkat Literasi TIK

Sumber : Telematika Indonesia, Kebijakan dan Perkembangan Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKPI), Kementeri Komunikasi dan Informatika RI, 2004, hal. 88

 

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates